PENILAIAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIAKAN MASALAH OPEN ENDED
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penilaian komunikasi matematis siswa dalam menyelesaiakan masalah open ended. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa kelas VIII SMPN 2 Kudus. Pemilihan subjek didasarkan keragaman kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan ide matematis secara tertulis maupun lisan. Langkah-langkah pemilihan subjek penelitian antara lain: (1) memberikan masalah open ended (2) melakukan wawancara berbasis tugas untuk mengonfirmasi jawaban siswa secara tertulis, (3) mengkategorikan subjek penelitian ke dalam 4 (empat) tingkatan penilaian komunikasi matematis. Pengumpulan data yang digunakan adalah tugas pemecahan masalah dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi matematis siswa baik secara tertulis maupun lisan hanya pada tingkatan 1 (satu) yaitu penjelasan tentang penyelesaian masalah baik tertulis maupun lisan hanya untuk beberapa konsep saja dan tingkatan 2 (dua) yaitu penjelasan penyelesaian masalah baik secara tertulis maupun lisan hanya sebagian benar.
Kata kunci: komunikasi matematis tulis, penyelesaian masalah, open ended
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.