PENILAIAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIAKAN MASALAH OPEN ENDED

Sumaji Sumaji, Cholis Sa'dijah, Susiswo Susiswo, Sisworo Sisworo

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk mendeskripsikan penilaian  komunikasi  matematis siswa   dalam menyelesaiakan masalah  open ended.  Jenis penelitian ini adalah deskriftif  kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa  kelas VIII SMPN 2  Kudus. Pemilihan subjek didasarkan keragaman kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan ide matematis secara tertulis maupun lisan. Langkah-langkah pemilihan subjek penelitian antara lain: (1) memberikan masalah open ended (2) melakukan wawancara  berbasis tugas untuk mengonfirmasi jawaban siswa secara tertulis, (3) mengkategorikan subjek penelitian ke dalam 4 (empat) tingkatan penilaian komunikasi matematis. Pengumpulan data yang digunakan adalah tugas pemecahan masalah dan wawancara.  Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa   komunikasi matematis siswa  baik secara tertulis maupun lisan hanya  pada tingkatan  1 (satu) yaitu  penjelasan tentang penyelesaian masalah baik tertulis maupun lisan  hanya untuk beberapa konsep saja dan tingkatan 2 (dua) yaitu  penjelasan penyelesaian masalah baik secara tertulis maupun lisan hanya sebagian benar.

 

Kata kunci: komunikasi matematis tulis, penyelesaian masalah,  open ended


Keywords


komunikasi matematis tulis, penyelesaian masalah, open ended

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.