Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan

Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (SENDIKMAD) merupakan event rutin tahunan pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta di mana makalah-makalah di bidang Pendidikan Matematika maupun Matematika murni dari kalangan akademisi maupun praktisi pendidikan matematika seluruh Indonesia diseminarkan pada event tersebut.

Sendikmad 2016 dilaksanakan bersamaan dengan masifnya sosialisasi pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah. Salah satu topik yang didengung-dengungkan adalah pengembangan 21st Century Skills mencerminkan keterampilan-keterampilan yang sepatutnya dimiliki peserta didik untuk survive dalam menjawab tantangan di abad 21 yang meliputi kualitas karakter, komptensi, dan literasi dasar. Karakter yang diharapkan muncul pada peserta didik di antaranya adalah iman dan takwa, rasa ingin tahu, gigih, kemampuan beradaptasi, kepemimpinan, dan kesadaran sosial dan budaya. Kompetensi yang diharapkan dimiliki peserta didik di antaranya adalah berpikir kritis/memecahkan masalah, kreativitas, komunikasi, kolaborasi. Sedangkan literasi dasar yang dibutuhkan saat ini adalah baca tulis, berhitung, sains, IT, keuangan, dan budaya.

Para pendidik matematika diharapkan mampu membelajarkan matematika secara menyenangkan untuk dapat membekali peserta didik dengan keterampilan yang dibutuhkan. Matematika yang selama ini dikenal para peserta didik sebagai mata pelajaran yang menakutkan hendaknya terus dikikis dengan upaya massif dari para pendidik matematika untuk menciptakan pembelajaran matematika yang menyenangkan.


Vol 6 (2018): PROSIDING SENDIKMAD 2018


Cover Prosiding Sendikmad 2018